Selasa, 29 September 2009

omprengan story


Jumat-jam 16.00 WIB lebih dikit.

Langit udah agak mendung dari siang. Sms masuk dari masku menanyakan apakah aku jadi keJakarta hari ini. Lalu sms kedua berupa peringatan karena langit dijakarta menggelegar begitu hebad.

Tapi niat akan berubah menjadi tekad. Dan janji ama mama tentang Blender sudah terlanjur aku buat untuk segera dikirim minggu ini dan sampai kerumah minimal hari rabu, and that is next week!

Akhirnya berangkat juga. Sedikit males karena takut kejebak hujan. Sms mas Dj, pengen nebeng at least ampe Placi, jadi gag perlu kejebak macet nggak penting di pasar Cileungsi. But no answer, terpaksa berangkat sendiri. Nyampe di depan, secara kebetulan ketemu dwi ama pak said yang mo berangkat Training ke sunter. This is my lucky number 1.

Karena na mw ke UKi dan mereka otw ke slipi, maka nggak nyambung. Na minta diturunin di depan cibujang, dari sana naek 56 ke Uki. Sialnya, this is weekend. Hari dimana tiba2 sejuta umat diJakarta memiliki ide yang sama, yaitu go home early. Dan efek dari niat suci itu adalah berkurangnya quota buat aku, yang sengaja nyetop 56 dari depan Cibujang. Damn! Udah 3 kali nyetop, hanya dijawab dengan lambaian tangan menyedihkan. I dont need that shake of hand anyway!

udah hampir jam 5 lebih. dan masih aja nggak dapet 56 to bring me to UKI. Tiba2 datanglah mobil kijang biru plat hitam, sopirnya ngomong “uki..uki..uki” pelan banget… Aku sih bisa baca bahas mulutnya. Tengok kanan kiri, kok gag ada seorang pun calon penumpangyang merespon. Ini pasti omprengan, pikirku. Didesak waktu yang makin malam, nekat, aku naek aja, melompat ke bagian depan.

Pasti ni mobil berenti dulu sebelum masuk tol, pikirku sok tau. Dan, unlucky me,..tuh mobil ternyata nggak berenti, dan langsung bablas masuk ke tol…

Perasaan udah takut banget.. Tas kudekap erat. Pandangan lurus ke depan. Sopir disebelahku dengan santainya bilang “wajar kok kalo mbak takut, ni mobil biasa, saya tadi niatnya klo dapet penumpang ya syukur, enggak juga gag papa”

Na masih diem, gag berani ngomong apa2. Trus si bapak disebelah masih aja ngomong “Saya ngga niat jelek kok mbak, tadi si sekalian lewat aja, saya mau ke -mana gitu aku lupa-”.

“Lha biasanya ngompreng jurusan mana pak?” pertanyaan pertama yang berani aku tanyakan. “Atmajaya-Cibubur mbak”, jawab bapak itu, masih nyetir dengan kencengnya. Lalu pertanyaan berikutnya lebih mengarah ke introgasi, seperti “Bapak tinggal dimana?”, “Udah lama dijakarta?”,”sebelum narik omprengan gini kerja apa?”, “anak berapa banyak?” de-el-el…

Sebenarnya sih udah agak bisa berpositip thingking ama si bapak sopir ini. Tapi teteup aja berhaga2 pasang naga-naga stand by. Aku ngeliat kondisi mobil. mataku men-scan seluruh mobil. Yang paling penting sih sebenarnya kunci mobil yang masih manual, gag otomatis di tangan pengemudi. Jadi klo ada apa-apa aku tinggal loncat aja, pikirku. Tapi dasar, masih aja nggak tenang karena bapaknya nyetir masih kenceng banget.

Melewati kantor Jasa Raharja, si bapak mulai mengurangi kecepatan. “Disini rumah saya mbak” katanya. Dan aku cuma bersahut “Ow…” gitu doang!.

Di perjalanan, sungguh aku mengutuki diriku sendiri. Kenapa setiap aku naek 56 selalu aja ketiduran, dan gag pernah awas dengan jalan. Kali ini aku benar2 nyesel, karena kalo aku apal ama jalan, maka aku nggak perlu kuatir. Sepanjang tol, dari masuk jagorawi ampe tol cawang masih aja aku was-was, kuatir klo tiba2 setan menghampiri jiwa si bapak sopir.

Dan, akhirnya gedung UKI keliatan juga. Alhamdulillah….

Hatiku plong seketika… Aku mengambil dompet untuk ngebayar. Dan si bapak bilang :”udah mbak, nggak usah. Saya ikhlas. Tadi emang niatnya klo dapet 2 penumpang saya suruh bayar, tapi klo satu ya saya tebengin aja. Lagian ini juga sekalian lewat kok”

Ya Rabb… hatiku berteriak. Sepanjang perjalanan aku bernegatif thingking ama si Bapak, dan dia ikhlas mengantarkanku dari Cibubur ke UKI. Aku merasa sangat bersalah kepada bapak disampingku ini.

Satu pelajaran berharga sore ini, meskipun untuk melaluinya aku seperti diuji nyali. Masuk ke mobil yang aku pikir omprengan, ternyata emang tapi bukan beneran omprengan. Dan sopirnya yang masih jujur, sedikit sekali jumlahnya. Apalagi mengingat kondisi kek tadi, me Alone… sangat memungkinkan klo misalnya si bapak tadi memanfaatkan situasi.

Bukti bahwa Alloh memang menjagaku. dan bukti lagi klo dikota ini masih ada kejujuran, meskipun seribu satu dan satu itu sudah kutemukan hari itu. Entah dengan seribu lainnya.

Hari beranjak gelap ketika sampe di UKI dengan selamat tanpa kurang satu apapun. Aku masih menunggu disini untuk dijemput masku. Kami janjian mau ke blok M malam ini.

Tidak ada komentar: