Selasa, 29 September 2009

tentang menikah jarak jauh

entrian lama di blog Friendster. Niatnya pengen di inactive, tapi ada beberapa tulisan tang worth untuk tetep di simpen... salah satunya ini...
Happy read!
-Na-


Pagi ini, ngga tau kenapa saya ngerasa harus ngebelain kawan MT saya yang bulan Desember kemaren menikah dan sekarang terpaksa meninggalkan istri -yang baru saja dinikahinya- dirumah dari serbuan mulut orang2 yang kalo ngomong lebih suka pake shortcut, ngga disaring dulu ke otak, langsung lepasin aja.
sebagai tambahan informasi, tempat kerja saya sih bukan daerah nun jauh disana yang tidak memungkinkan sang teman untuk bisa memboyong istrinya kemari.
Meskipun ngga masuk di peta Jakarta yang saya beli *yaiyalah, secara emang udah masuk BOgor, ya ngga bakalan masuk peta Jakarta atuh Neng* tapi daerah dimana saya dan teman saya bekerja ini memang lumayan jauh kalo harus ditempuh PP dari Jakarta Utara

Yang saya tau, pasti bukan keinginan dia untuk ninggalin istrinya yang lagi pengen-pengennya ditemenin tiap hari itu dirumah ama ortunya.
Pastinya dia juga ingin normally life, seperti orang kebanyakan. Masih bagus temanku itu menanggapi mulut usil orang-orang dengan senyuman dan wajah yang tidak berubah menjadi mendung.
Tentunya dia juga pengen bisa dimasakin istrinya tiap pagi -klo, sang istri bisa masak tentu saja- ditemenin tiap malam kalo tidur, dan lain sebagainya. Simple thing nan priceless. Yang mungkin sekarang temen saya itu tidak bisa merasakan kenikmatan itu.

Bukan pilihan yang mengenakkan memang, tapi bagaimana lagi, toh mereka -teman saya dan istrinya- ngga ada pilihan lain yang lebih memungkinkan karena masing-masing memang punya pekerjaan yang tidak memungkinkan untuk bisa bersama setiap hari.
Jadi inget acara minggu kemaren, setelah malemnya saya diculik oleh geng katak dan usrok ke Bogor dan berakhir tragedi, minggu pagi tiba2 temen dari jaman kuliah yang secara ngga sengaja ketemu di selera kuring kota wisata pas acara makan2 si bos telp saya.
Telp pertama, ngga saya angkat karena saya lagi sibuk ngerendem baju yang udah seminggu bertengger di tumpukan. Akhirnya saya telpon balik dia. Temen saya itu nama panggilannya Kiki. Anak industri UNS’02. Kenal waktu kita lagi ada acara musik Teknik, yang berdampak pada meluasnya komunitas saya.
Rupanya, si ibu satu itu *yep, she’s been married!* mengundang saya untuk maen kerumahnya. Sekalian nemenin ceritanya, karena hari itu suaminya kebetulan ada tugas keluar kota.
Dia sempet nanya, saya bisa nyetir mobil apa enggak? Hahaha, baru juga belajar maju mundur, ama belok2 sedikit, belum bisa diartikan capable kan??

Akhirnya, minggu siangan dikit, setelah saya dan mas ngembaliin motor Samsul di Cibinong, kami berangkat menuju kota wisata, perumahan paling elite di kawasan Cibubur.
Dalam hati, saya sedikit minder dengan teman saya ini. Bagaimana tidak, dia baru 2 tahun kerja. O iya, dia kerja di Bukaka. Perusahaan punya pak Wapres itu emang terkenal besar sih. Ngga nyangka aja kalo perusahaan bisa ngasih fasilitas se fantastis ini, seperti yang temen saya dapet.
Jam 12.30 WIB. Saya sudah nyampe di area center of Kota Wisata. si Kiki sms, kalo dia masih 1-2 Jam lagi di salon.Hmmm… resiko ibu2 yang udah nikah, kudu rajin ke salon kalo ngga pengen suaminya ngelirik pere’ laen.. *hahaha, apa iya??*
Masih 2 Jam lagi nih. Akhirnya saya dan Mas memutuskan untuk maen ke Kampung Cina mumpung imlek. Puas maen, dan muter2, saya yang lagi sakit perut karena hari pertama haid akhirnya memutuskan untuk segera nyari cluster Vancouver UB7, seperti alamat yang dismskan oleh Kiki.
Langit mendung, dan ujan dikit waktu itu. Agak deg-degan juga. Ngga lucu ceritanya kalo kami nyampe tempat Kiki dalam keadaan basah.

Berbekal insting mas yang [lagi-lagi] ngga kalah ama GPS, kami nyampe juga ke cluster vancouver di area belakang. Hmmm… sungguh suasana yang worthed untuk rumah seharga 300 juta sekian-sekian. Gimana enggak, dipintu depan udah dijaga oleh satpam yang pastinya kenal dengan semua penghuni cluster, untuk memastikan keamanan.
Sedikit nyasar bentar, karena semua rumah bentuknya sama, akhirnya kami nyampe juga dirumah temen saya No.10. Dia memakai baju santai waktu itu, jilbabnya sedang tidak dia pakai. Sendal kepala boneka dan celana jeans 7/8 plus kaos putih, rambut di gerai, bikin penampilan teman saya match dengan lingkungan yang dia tinggali sekarang.

She’s in her heaven, i guess. Setelah menyapa dengan riangnya, kami memasuki rumah mungil Kiki, yang semua serba coklat. Yang bikin iri hanya satu aja sebenarnya, dia punya sofa coklat yang udah lama saya incar di ACE Hardware. Bukan karena saya ngga mampu beli, insyaalloh saya mampu. Tapi belum punya space buat meletakkan tuh sofa, yang bikin saya urung niat membeli tuh sofa.

Seperti biasa kalo saya bertandang ke tempat temen yang baru nikah. Nih mata ngga mau berhenti men-scanning rumahnya. Semua yang temen saya punya, jujur aja, saya mengingingkannya juga. Tidak harus dengan takaran yang sama sih, tapi sungguh.. terutama setelah saya memasuki kamar mandi mereka dan ada handuk berinisialkan nama teman saya dan suaminya. God,I want that too.
See, sebenarnya yang saya inginkan adalah hal simple dan ngga neko-neko. Saya memang memimpikan keintiman dan kebersamaan. Dan, buat saya pribadi, pernikahan yang ada di kotak saya, adalah sederhana, yaitu 2 orang yang memutuskan untuk menjalani hari-harinya bersama-sama.

Mungkin, buat temen MT saya, definisi pernikahan buat dia kurang lebih sama. Saya yakin dia juga pengen, dan pasti memendam keinginan yang sama seperti ketika saya mendatangi rumah Kiki. Jelas, ada kebersamaan disana, ada hal-hal simple yang belum saya rasakan, dan sudah dimiliki oleh Kiki. Tapi itu pilihan, dan itu berkah masing-masing orang.
So, ngga adil sebenarnya kalo kita menanyakan sesuatu yang mungkin aja bakalan menerbitkan rasa sedih kepada seseorang. Padahal jelas2 kita tau, impian setip orang, meskipun beragam, tapi pada dasarnya sebenarnya sama.
Apa yang dialami oleh Kiki, mungkin ngga bisa di nikmati oleh beberapa teman saya yang lain. Hmmm… Bukan hidup ini ngga adil sebenarnya. Toh, semua ada takarannya. Tiap orang menjalani hidup sesuai dengan fitrahnya.

Saya sendiri, cukup sadar bahwa saat ini, kondisi seperti inilah yang memang terbaik yang diberikan oleh Tuhan kepada saya. Sambil saya tidak berhenti untuk berusaha menjadi lebih baik tentunya.
Tentu saja saya juga berharap agar saya tidak sampai mengalami seperti apa yang teman MT saya alami, yaitu menikah jarak jauh. Semog saja.

Tidak ada komentar: