Kamis, 26 Februari 2009

Bapaknya si mas


Menulis ini, membuat saya tiba-tiba teringat dengan papa saya. Honestly, saya ngga pernah dekat dengan sosok beliau. Setiap beliau hadir ke hadapan saya, seolah-olah beliau adalah sosok yang asing untuk mata saya, bahkan untuk hati saya.
Dalam keadaan seperti sekarang, dengan kondisi jiwa dan umur yang sudah mencapai hampir seperempat abad seperti saat ini, saya secara pribadi sih ngga ngerasa ada masalah dengan hal itu. Tapi hati saya menjadi demikian tersentuh dan merasa butuh jika ada suatu moment dimana saya mendapati seseorang, entah teman saya atau hanya orang lain sedang beradegan sangat kompak dengan bapaknya, ayahnya atau papanya. Saya seperti disadarkan -secara ngga sengaja- oleh adegan anak dan bapak melalui moment itu.
Mengingat kembali papa saya, yang terbayang adalah laki-laki yang lumayan tampan untuk orang seumuran beliau. Dengan gaya yang perlente, selalu up to date dengan perkembangan terkini, bahkan dengan lagu-lagu terbaru. Bukannya saya malu, harusnya saya mengerti, mungkin itu salah satu cara papa saya supaya dia lebih dekat dan seperti sahabat dengan anaknya. Tapi entah kenapa, saya justru lebih nyaman dengan sosok seperti bapaknya si mas, yang enggak update lagu terbaru. Yang beliau hapal adalah lagu-lagu bernuansa rohani, dan doa apapun yang sering saya minta lewat sms.
Jadi inget waktu lebaran haji taun kemaren. Saya sengaja enggak pulang ke rumah di Sidoarjo, tapi pulang ke Banjarnegara, kotanya si mas. Saya sudah beberapa kali kesana sih, mulai dari masih berstatus temen, teman tapi dekat, pacar, ampe calon mantu *selentingan yang beredar sih gitu, tak urung bikin pipi ini memerah juga*.
Waktu itu, si bapak sedang dipercaya ama warga desa untuk memimpin sholat ied di lapangan. Yang namanya penduduk kampung, biasanya sih emang gitu, kalo bikin acara keagamaan yang besar, mereka prefer untuk ngadain acara di tempat semacam lapangan, or balai desa. Saya seneng banget, meskipun agak risih karena diliatin melulu, seakan-akan saya orang dari planet lain *bukannya memang iya? hahaha* tapi ini adalah pengalaman luar biasa buat saya. Seneng, karena bisa sholat ied, dimana sosok yang menjadi imam untuk orang-orang seluruh kampung adalah seseorang yang dekat denganmu.
Saya sayang sama orang tua yang satu itu, bertekad untuk tetap selalu menganggap beliau sebagai ayah (dalam arti jiwa, yang tidak pernah saya dapatkan dari ayah saya yang sebenarnya) meskipun, apapun yang akan terjadi dengan hubungan saya dan mas. Semoga sih, buat beliau saya juga adalah anak perempuan-nya yang kesekian. semoga...

Tidak ada komentar: